SEKILAS PANDANG
PONDOK
PESANTREN ISLAM DARUR ROBBANI
I.
KELEMBAGAAN
1.
Nama
Lembaga : Pondok
Pesantren Islam Darur Robbani
2.
Nama
Yayasan : Yayasan
Darur Robbani
3.
Pimpinan
Pondok : M. Darsun
Mujtahid, S.Pdi
4.
Tahun
Berdiri : Tahun
2000 M
5.
No.
Statistik Pondok :
042332203032
6.
StrukturOrganisasi : (terlampir)
II.
OPERASIONAL
PELAYANAN
1.
Visi
Pondok
Pondok Pesantren Islam Darur Robbani berdiri
memiliki visi untuk menjadi lembaga yang menyiapkan generasi robbani yang
selalu belajar dan mengajakan Al Quran dengan tidak mengabaikan perkembangan
kekinian.
2.
Misi
Pondok
Pondok Pesantren Islam Darur Robbani berdiri
mempunyai misi sebagai berikut:
a.
Menjadi lembaga pendidikan sarana mengkader, mengasuh, membina, mendidik
santri agar menjdi manusia solid yang berkualitas dan tahu akan Al Quran serta
menegakkannya.
b.
Menjelaskan kepada masyarakat akan pentingnya mendidik dan mengkader yang
bersumber dari Al Quran dan As Sunnah.
c.
Membekali para santri dengan ilmu umum dan LIFE SKILL sebagai bekal
ketrampilan dalam menyampaikan dakwah di masyarakat.
3.
Motto
Pondok
كُونُوارَبَّانِيِّينَبِمَاكُنْتُمْتُعَلِّمُونَالْكِتَابَوَبِمَاكُنْتُمْتَدْرُسُونَ
(آل عمران: 79)
“Hendaknya kamu menjadi orang-orang robbani,
karena kamu selalu mengajarkan Al-Kitab dan di sebabkan kamu tetap mempelajarinya.”(Ali
Imron: 79)
4.
Latarbelakangberdirinyapondok
Pondok Pesantren Islam Darur Robbani berdiri
pada bulan Maret 2000, dibawah payung Yayasan Darur Robbani dengan No.
Statistik Pondok: 042332203032, yang berdomisili di Desa Gentan Kecamatan Susukan
Kabupaten Semarang Propinsi Jawa Tengah.
Sebagai cikal bakal Pondok Pesantren Islam
Darur Robbani yang mengasramakan anak-anak yatim piatu, fakir miskin yang
ditampung diasrama panti Al Musthofa yang sudah lama dirintis oleh keluarga H.
Sudiyono (Alm.) dan mengambil anak asuh dan memberi beasiswa anak kampung yang
tidak bisa sekolah. Untuk melembagakan pendidikan Panti Asuhan Yatim Piatu Al
Musthofa diformalkan menjadi Pondok Pesantren Islam Darur Robbani.
III.
PROGRAM
PENDIDIKAN
1.
Unit
Mutawasithohsetara SMP
Dipadu dengan
WAJAR DIKDAS
2.
Unit
KulliyatulMu’allimin dan Mu’allimat (KMI/KMA) setara SMA
Dipadu dengan
KejarPaket C
3.
Unit
Takhossus (TKS)
Jenjang
Pendidikan 1 tahun pra KMI/KMA
4.
Madrasah
Diniyah dan Taman Pendidikan Al Qur’an
Bagi
anak-anak usia SD/SMP di sekitar Pondok.
IV.
KEADAAN
SISWA
1.
|
Dayatampungpondok
|
:
|
100 santri
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Jumlahsantririil
|
:
|
90 santri
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Asaldaerah
|
:
|
masyarakatsekitarpondok,
dari daerahboyolali, semarang, dan dari berbagaidaerah di jawatengah,
jawatimur, dan luarjawa
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Yang menjadi
anak asuhpondok: 60 % dari jumlahkeseluruhansantri
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
Kriteriapenilaian
anak asuhpondok
-
Tidak
mampumelengkapiinfaq yang di tetapkanpondok
-
Fakir
-
Miskin
-
Yatim/Piatu
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6.
|
Jadwal
aktifitas hariansantri
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.
|
KegiatanEkstraSantri:
-
KetrampilanPertanian,
Tata Boga, Tata Busana, Dll
-
Olahraga
-
Khutbah Tiga
Bahasa
-
Kajian Islam
-
KajianKepustakaan
-
Baksos
-
Silaturrahim
-
Tahfidzul
Qur’an dan Tahsin
-
Dll
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar